PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN PRIORITAS PILIHAN PRODUKTIVITAS HIJAU DI IKM PENYAMAKAN KULIT YOGYAKARTA

Dwi Ningsih, Ono Suparno, Suprihatin Suprihatin

Abstract


Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode untuk menentukan keputusan berdasarkan multi kriteria. AHP merupakan metode yang efektif digunakan ketika subjektivitas terjadi dan metode ini sangat cocok untuk menyelesaikan permasalahan dimana kriteria pemilihan keputusan dapat disusun dalam sebuah hierarki. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas pilihan produktivitas hijau untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan di IKM penyamakan kulit di Yogyakarta menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Pilihan produktivitas hijau teridentifikasi melalui wawancara dengan sejumlah perwakilan dari IKM dan ahli di bidang penyamakan kulit di Yogyakarta, Indonesia. Hasil studi menunjukkan bahwa dengan mempertimbangkan berbagai kriteria menggunakan AHP, pilihan produktivitas hijau yang terpilih adalah optimalisasi proses produksi penyamakan kulit.

Kata kunci: Analytical Hierarchy Process (AHP), IKM penyamakan kulit, produktivitas hijau

(KAN). Saat ini di Indonesia hanya memiliki dua lembaga sertifikasi ekolabel (LSE) dengan ruang lingkup kertas tisu untuk kebersihan, kertas cetak tanpa salut, tekstil dan produk tekstil, kertas kemas, produk cat tembok, kantong belanja plastik dan belum terdapat LSE dengan ruang lingkup produk kulit. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam penerapan ekolabel pada produk industri kulit selain kurangnya pengetahuan tentang skema sertifikasi ekolabel dan pemahaman pelaku industri kulit mengenai manfaat/pentingnya ekolabel bagi industri yang berorientasi pasar ekspor. Untuk itu diperlukan peningkatan upaya pemerintah dalam hal program sosialisasi dan pembinaan industri terkait penerapan ekolabel, perumusan standar kriteria ekolabel produk kulit, serta perbaikan skema akreditasi dan sertifikasi ekolabel.

Kata kunci: ekolabel, produk kulit, akreditasi, sertifikasi 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats