MINAT KONSUMEN TERHADAP DESAIN PRODUK TAS DARI LIMBAH BAN DALAM DI YOGYAKARTA

Edi Eskak, Irfaina Rohana Salma

Abstract


Pemanfaatan kembali limbah ban dalam untuk bahan kerajinan tas mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah produk yang dihasilkan kurang diminati pasar. IKM dalam berproduksi belum ditopang dengan pengetahuan minat pasar, kondisi pasar, potensi pasar, dan strategi penjualan sehingga resiko kerugian akibat produk yang dipasarkan tidak laku mungkin terjadi. Permasalahan ini dapat dijembatani dengan penelitian/riset pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produk tas dari limbah ban dalam yang diinginkan konsumen. Metode yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data sekunder dan primer dari jurnal, kuesioner, dan survey secara langsung. Penyebaran kuesioner di Yogyakarta dilakukan untuk mendapatkan data primer. Data primer diolah menjadi bahan untuk menganalisis desain produk tas yang diinginkan oleh pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis tas dari limbah ban yang diinginkan konsumen adalah Sling bag 38%, Backpack 23%,Duffel bag 17%, Tote bag 12%, Waist bag 5%,Handbag 3%, dan Cluth 2%. Konsumen produk ini adalah wisatawan asing 63%, wisatawan lokal 22%, mahasiswa 8%, dan warga Yogyakarta 7%. Tas dari bahan limbah ban ini memberikan citra produk yang maskulin  atau cenderung disukai oleh laki-laki 63%, dan wanita 37%.

Kata kunci:   minat konsumen, desain produk tas, limbah ban dalam, penelitian pasar 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats